Kamis, 05 Mei 2011

PELUANG BANK SYARIAH KEDEPAN

Pengertian Bank syariah
Bank Syariah adalah Bank Umum yang melaksanakan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip-prinsip syariah dengan kegiatan memberikan jasa dalam lalu lintas pembayarannya.
Prinsip Syariah
Prinsip Syariah adalah aturan perjanjian berdasarkan hukum Islam antara bank dan pihak lain untuk penyimpanan dana dan/atau pembiayaan kegiatan usaha, atau kegiatan lainnya yang sesuai dengan syariah.
Perbedaan Bank Syariah dari Bank Konvensional
Bank Syariah
  1. Berinvestasi pada usaha yang halal
  2. Atas dasar bagi hasil, margin keuntungan dan fee
  3. Besaran bagi hasil beubah-ubah tergantung kinerja usaha
  4. Profit dan falah oriented
  5. Pola hubungan kemitraan
  6. Ada Dewan Pengawas Syariah
Bank Konvesional
  1. Bebas Nilai
  2. Sistem bunga
  3. Besarannya tetap
  4. Profit oriented
  5. Hubungan debitur-kreditur
  6. Tidak ada lembaga sejenis

Kelebihan Bank Syariah
Bunga bank haram merupakan kesempatan emas untuk bank syariah dalam mengembangkan pasarnya terutama di negara Indonesia yang penduduknya mayoritas Islam, walapun Bank Syariah berdasarkan Prinsip Islam orang-orang selain beragama Islam pun diperbolehkan membuka rekening untuk menjadi nasabah dan bertransaksi di Bank Syariah, dulu saya pernah menayakan hal ini kepada Customer Service Officer (CSO) salah satu Bank Syariah terbesar di Indonesia tepatnya di cabang Denpasar.
Bank Syariah rata-rata tidak memiliki potongan administrasi perbulannya dibandingkan Bank-bank konvesional lainnya yang menerapkan potongan administrasi rata-rata 7.500 - 10.000 untuk setiap bulannya, ini merupakan keuntungan bagi Bank syariah untuk maju kedepannya, kelebihan lain Bank Syariah menerapkan sistem pembagian keuntungan dengan prinsip bagi hasil, masalah penggunaan ATM pun tidak ada masalah kartu ATM berlaku hampir disemua ATM berlogo ATM bersama biayanyapun cukup murah.
Kesimpulan : Peluang Bank Syariah kedepan sangat cerah dan menggembirakan asal kualitas pelayanan dan fasilitas teknologi untuk bertransaksi ditingkatkan seperti: ATM, Bank Online, Mesin Setoran Tunai, dan cabang Bank diperbanyak.

1 komentar:

  1. Yang di terapkan di Perbankkan Syariah apakah sudah benar-benar Syariah Gan?

    BalasHapus